Surabaya, Tabirnusantara.com — Dalam tradisi masyarakat Indonesia, kegiatan haul sering digelar. Dalam praktiknya, haul merupakan momentum untuk mengenang seorang, terutama para orang tua atau keluarga yang telah wafat. Penggunaan haul dalam istilah bermakna peringatan yang diadakan setahun sekali bertepatan dengan wafatnya.

Kali ini keluarga besar Iwan, Nita Kader PDI-P yang bertempat di Medokan Semampir Surabaya mengadakan kegiatan haul yang bertujuan untuk mengenang jasa orang tua tercintanya yang sudah tiada. Peringatan haul ini digelar untuk mengenang Almarhumah Tukilah, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan haul ini, sekalian dengan aqiqah Almarhumah Tukilah, dengan dirangkai beragam kegiatan yakni, di pagi harinya pembacaan hotmil al-quran, sore ziarah ke makam dan selanjutnya di malam harinya kirim doa bersama pengajian yasinan ibu-ibu.

 

Iwan-Nita Kader PDI-P mengatakan, Haul dan aqiqah kali ini juga dihadiri para kumpulan pengajian ibu-ibu dan sejumlah warga setempat. Haul ini merupakan salah satu upaya mengingat kematian bunda tercinta, Almarhumah Tukilah.

“Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu pengajian dan warga yang menghadiri acara ini, semoga Allah senantiasa memberikan limpahan hidayah dan rahmat kepada kita semua dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” kata Iwan-Nita Kader PDI-P, kepada awak media.

Disamping itu, dalam tradisi masyarakat, mengenal adanya tradisi haul atau peringatan kelahiran seorang yang sudah meninggal yang di dalamnya biasanya seseorang menyembelih hewan ternak seperti ayam, kambing bahkan sapi sebagai hidangan untuk para tamu.

“Hal tersebuat merupakan adat dan kegiatan ini, kami niatkan sedekah untuk mendiang ibunda, Almarhumah Tukilah yang sudah wafat,” jelasnya.

Untuk diketahui, hal tersebut dihukumi sebagai bid’ah hasanah (hal baru yang belum ada di masa Rasulullah dan bersifat baik), sehingga dihukumi boleh bahkan sunnah apabila diniatkan untuk sedekah bagi mayit dan mendoakannya.

“Alhamdulillah, kegiantan haul sekalian aqiqah ibunda kami, Almarhumah Tukilah berjalan lancar dan semoga diterima Alloh SWT,” ungkapnya. (Mooch)

By admin2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Don`t copy text!