Malang – Tabirnusantara.com Tim Buser Satreskrim Polres Malang telah meringkus seorang adegan pelaku penipuan yang mengaku oknum tokoh agama atau sebutan Gus. Pelaku bernama Eko Supriyanto (40), warga Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dengan bermodal kopyah putih, sarung, dan baju taqwa dalam menjalankan aksi modus tipunya.

Kepada korbannya, tersangka mengaku mempunyai nama Gus Juan Penatas berasal dari Martapura, Kalimantan Selatan. Dengan nama yang digunakan, sekitar 5 orang menjadi korban penipuan hingga mengakibatkan kerugian puluhan juta rupiah.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar mengatakan, Eko Supriyanto dengan meyakinkan mengaku sebagai seorang oknun tokoh agama atau gelar Gus yang bisa mempercepat keberangkatan haji. Alibi janji manis tersebut membuat dirinya meraup uang puluhan juta Rupiah.

“Pelaku mengaku sebagai seorang Gus dan tokoh oknum agama yang sangat terkenal dari Martapura, Kalimantan Selatan untuk menyakinkan para korbannya,” kata AKBP Hendri Umar saat gelar rilis di Polres Malang, Jumat (19/2/2021).

Dalam aksinya, tersangka sampaikan rayuannya berawal dari mengikuti acara pengajian yang dihelat di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Tumpang pada Juni 2020 silam.

“Gayanya seorang oknum tokoh agama terkenal, pria berusia (40) asal Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang ini datang ke pengajian dengan menggunakan baju koko. Tersangka mengaku dirinya adalah Gus Juan Panetas,” terang AKBP Hendri.

Kepada jamaah pengajian, Gus gadungan ini mengaku memiliki beberapa jurus keahlian. Ia mengaku dapat mengobati penyakit. Aku tersangka hanya dengan cara dipijat dan ramuan, penyakit bisa sembuh.

“Atas perbuatan tersangka, kami sangkakan pasal 378, pasal 372 KUHP, dengan ancaman hukumannya maksimal 4 tahun penjara,” ungkap AKBP Hendri.

[ Toha ]

By Admin1

SH19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Don`t copy text!