Agenda Perantingan Pohon Oleh DKRTH, Guna Mencegah Penumbangan Pohon di Musim Hujan

Surabaya, Tabirnusantara.com – Kegiatan perantingan terhadap pohon pohon besar di pinggiran jalan  notaben rutin semakin di gencarkan guna menanggulangi rawannya pohon-pohon tumbang dalam musim hujan lebat baru baru ini. Seperti yang di sampaikan kepala bidang dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau, Hendri Setianto, Sabtu (11/1/2020).

“Dengan kegiatan  perantingan batang batang daun  ini akan mengurangi terjadinya pohon  pohon tumbang bila ada hujun lebat,” jelasnya.

Ada sekitar 192 meter kubik ranting dan batang daun yang sudah kita angkut, itu hasil dari rutinitas perantingan pohon, seperti di Jalan A.Yani Surabaya, sepanjang 400 meter, Sabtu (11/1/2020) pagi. Hasilnya kemudian dikirim ke Pusat Daur Ulang (PDU) rumah kompos dijadikan pupuk kompos.

“Proses perantingan sudah saya siapkan dan saya terjunkan 52 pasukan kadaka dan 60 personil dari dinas kebersihan,di tambah 10 dumtruck beserta 5 unit skylift walker,” terangnya.

Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau, DKRTH Surabaya, Rochim Yuliadi menjelaskan, hasil perantingan dari pohon, seperti biasa akan di kirim ke rumah kompos untuk di jadikan pupuk kompos.

“Dengan di masukan ke mesin pencaca untuk menhasilkan pupuk kompos, seperti daun kotoran ranting di jadikan sampah organik, dan untuk ranting-ranting atau batang-batang besar, akan di kelolah menjadi kerajinan tangan, seperti meja kursi atau pembuatan mebel,” jelas kepala seksi DKRTH tersebut. (Amiril)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*