Hukum & Kriminal Sosial & Budaya

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Saksikan Pembongkaran Tembok Penutup Jalan Tambak Wedi Baru

Surabaya, Tabirnusantara.com  – Pembongkaran tembok penghalang yang menjadi akses penghubung antara Jalan Tambak Wedi Baru-Jalan Dukuh Bulak Banteng Timur telah dilaksanakan pembongkaran yang dilakukan pada pukul 08:20 WIB, yang dihadiri Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH dan Wakapolres Kompol Ahmad Faisol Amir, S.I.K, Msi serta beberapa pejabat utama (PJU) Polres, Jum’at (10/02/2020).

Pemilik lahan yang sebelumnya menutup akses penghubung Jalan Tambak Wedi Baru-Jalan Dukuh Bulak Banteng Timur, yakni  Haji Muhammad, turut datang ke lokasi untuk melihat langsung pembongkaran tersebut. Saat itu Haji Muhammad sempat menyampaikan akan merelakan tanahnya untuk digunakan sebagai fasilitas umum, tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Warga pun menyambut baik pernyataan Haji Muhammad, karena selama ini mereka menggunakan lahan tersebut untuk beraktivitas. Sebelumnya H. Muhammad nekat menutup jalan tersebut, karena merupakan salah satu bagian dari lahan miliknya seluas 1,5 meter.

Berbagai cara ditempuh oleh para pengurus kampung, namun tetap tidak berhasil meluluhkan Haji Muhammad untuk menyerahkan lahan tersebut guna kepentingan masyarakat. Sampai akhirnya rapat Forum Grup Diskusi (FGD) digelar di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak pada Kamis, 9 Januari 2020.

Saat itu akhirnya diputuskan akan dilakukan mediasi dengan H. Muhammad oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Dan dilakukan mediasi akhirnya membuahkan hasil yang baik, dimana Haji Muhammad merelakan tanahnya untuk digunakan sebagai fasilitas jalan tanpa jangka waktu.

Menurut Kapolres AKBP Ganis Satyaningrum, S. Si., MH.,  kehadirannya dalam pembongkaran ini adalah untuk memastikan bahwa Haji Muhammad telah benar – benar serius merelakan tanahnya untuk kepentingan masyarakat.

“Status tanah tetap milik Haji Muhammad. Namun beliau memberikannya sebagai jalan umum, dan sudah disampaikan tidak ada jangka waktu tertentu. Semuanya tadi berlangsung tertib dan aman. Warga juga menyambut senang,” kata perwira dengan 2 melati dipundaknya itu. (Sholeh)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *