Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya Menemui Keluarga Bung Tomo Mengenai Pergantian Nama Jalan Bung Tomo

Surabaya, Tabirnusantara.com – Pembahasan perubahan dan pemberian nama jalan sudah dilakukan oleh tim Pansus DPRD Kota Surabaya di awal tahun 2020.

Kamis (9/1) Tjutjuk Supariono, anggota Fraksi PSI yang juga sekretaris Pansus Pemberian dan Perubahan Nama Jalan bersama pimpinan dan anggota pansus berkonsultasi dgn Kemendagri perihal perubahan nama jalan dan Kemendagri menyatakan bahwa jalan milik kota diatur oleh pemerintah kota sendiri.

Rapat Pansus mengenai Perubahan dan Pemberian nama Jalan juga sudah mengundang beberapa pihak-pihak permerhati sejarah dan budaya. Untuk Jalan Bung Tomo sendiri Pemkot Surabaya mengusulan diganti menjadi Jalan Kencana.

“Putera Bung Tomo menyampaikan kepada kami bahwa jalan bung Tomo itu diberikan oleh Cak Narto untuk langkah awal mengusulkan kepada pemerintah saat itu  supaya menjadikan beliau Pahlawan Nasional,” Ujar Tjutjuk Supariono selaku sekretaris Fraksi PSI dalam keterangan tertulis, Jumat 10 Januari 2020.

Harusnya selain ada kajian akademik terlebih dahulu terhadap masyarakat yang terdampak juga memperhatikan nilai historis. Untuk itu kami mengusulkan kepada pansus untuk mendatangkan narasumber dari bidang akademik dan sejarah.

Jumat siang (10/1) Fraksi PSI memiliki kesempatan untuk mendengar langsung keinginan Keluarga Bung Tomo saat ngopi bareng Bambang Putera Kandung dari Bung Tomo.

“Setelah Ngopi bareng dan diskusi bersama Bambang, kami mengerti pandangan keluarga terhadap makam Bung Tomo dan setuju supaya nama Jalan Bung Tomo seperti sebelumnya atau jika pemkot tetap memaksakan perubahan nama, ya jangan jadi Jalan Kencana tapi Jalan Makam Bung Tomo”pungkasnya.

Selanjutnya untuk perubahan nama Jalan yang lainnya anggota fraksi PSI akan turun ke lapangan langsung menyerap aspirasi dan mensosialisakan dari masyarakat yang terdampak. (UMR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*